Peranan Masyarakat dalam Pariwisata

export from: before rain
       Salah satu peranan penting dalam meningkatkan ekonomi suatu daerah maupun negara berada di sektor Pariwisata. Pariwisata pada suatu daerah mempunyai daya tarik tersendiri bagi peminat untuk mengunjungi daerah tersebut. 
         Adapun efek besar bagi negara yaitu datangnya turis asing dari luar negeri yang akan menambah devisa negara. Karena itu promosi negara sebagai tempat pariwisata penting adanya zaman modern saat ini. Dimana kita telah mengetahui bahwa Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang layak lingkungan untuk dijadikan pariwisata. Jika saja objek alam sebagai pariwisata Indonesia ini dikembangkan dengan baik tentu mempunyai daya jual yang tinggi di mata internasional.
        Peranan masyarakat dalam pengembangan dan meningkatkan daya tarik suatu objek pariwisata tentu sangat berpengaruh dalam peningkatan pengunjung pada suatu daerah tersebut. Apabila suatu masyarakat pada suatu daerah tertentu tidak memperdulikan objek yang ada untuk pariwisata, maka tentu objek pariwisata tersebut kurang bahkan menghambat perkembangan pada objek pariwisata tersebut. Contohnya jika suatu objek wisata dibiarkan sampah berserakan, artinya peranan masyarakat dalam membersihkan lingkungan tidak ada, atau suatu objek pariwisata tersebut tidak dirawat flora dann faunanya, tentu daya tarik pagi wisatawan akan berkurang. Dan pada contoh diatas tidak lepas dari peranan dan aktivitas pemerintah untuk pengembangan daerah pariwisata yang ada pada suatu daerah.
Adapun peranan masyarakat dalam pengembangan pariwisata dapat disimpulkan dalam bebrapa poin sebagai berikut: 
  • Menjaga Kelestarian Lingkungan
    Dalam menjaga kelestarian lingkungan, perlu bagi masyarakat sebagai tugas perdana yaitu gotong royong dalam membersihkan dan melestarikan lingkungan. Karena bagi pengunjung bersih juga indah merupakan kenyamanan dan keindahan yang merupakan suatu hal penting untuk diminati wisatawan. 
  • Ikut serta dalam fasilitas pariwisata
    Dalam pariwisata perlu fasilitas maupun produk pariwisata. Contohnya adanya market, cendramata, jasa boga seperti makanan, hotel untuk penginapan, jasa pemandu, dan lain-lain. Dari contoh fasilitas di atas, suatu industri pariwisata memerlukan karyawan ataupun pegawai untuk memenuhi permintaan fasilitas seperti diatas. Jika dalam penginapan misalnya tidak mempunyai karyawan, maka akan sulit untuk melanjutkan suatu proses dalam industri pariwisata. Karena sumbedaya manusia dalam pariwisata berperan untuk melayani pengunjung dengan ramah serta menjaga keakraban dengan pengunjung supaya mendapat daya tarik yang lebih baik untuk peminat wisata kedepannya. 
  • Promosi
    Langkah yang paling berpengaruh yaitu promosi. Promsi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk antara lain: foto, suatu foto di sosial media atau media maya dapat menigkatkan daya tarik bagi suatu daerah pariwisata. Icon pariwisata seperti jam gadang di bukittinggi, monumen nasional di Jakarta, menara kembar di Malaysia, menara eifel di Paris, dll merupakan suatu objek yang dapat menjadi profil ataupun icon bagi daerah pariwisata. Icon tersebut akan mengundang penasaran dan peminat wisatawan. Adanya label pariwisata seperti visit Malaysia 2014, Solo the spirit of java, BukitTinggi the dreamland of Sumatera, dll. Merupakan salah satu cara terdepan untuk mempromosikan daerah pariwisata tersebut. Dengan rangkaian hanya beberapa kata seperti itu suatu daerah pariwisata akan mempunyai daya jual yang bisa menjadi daya tarik wisatawan dengan adanya promosi label pariwisata.

Hanifa Fitri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar / Telaah Jurnal Ilmiah

Gerak Semu Matahari

HASIL TEMUAN DARI PETA YANG DIANALISIS DARI BUKU PERATURAN KEPALA BPS NO 37 TAHUN 2010 TENTANG KLASIFIKASI PERKOTAAN DAN PEDESAAN BUKU SUMATERA CETAKAN II