KRITISASI SKRIPSI PADA PENGAMBILAN DATA SAMPEL


 
            Sampel merupakan bagian dari populasi yang akan diambil oleh peneliti, yang bertujuan untuk mewakili populasi sehingga dapat menghasilkan olahan data yang akurat/valid. Oleh sebab itu, maka dalam pengambilan sampel tentu dengan cara dan teknik secara random supaya hasil sampel tersebut benar-benar mewakili populasi, sehingga hasil olahan datanya tidak beda jauh dengan data populasi.
            Dalam menelaah sampel pada skripsi, penelaah mendapatkan skripsi yang berjudul “Hubungan Pemberian Kesejahteraan Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan” (Studi kasus: PT.Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau) yang ditulis oleh Anggi Azberto, jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang pada tahun 2011.
            Pada skripsi tersebut data yang digunakan merupakan data primer karena diperoleh secara langsung dari karyawan yang menjadi responden. Teknik pengambilan data ini menggunakan angket atau kuisioner dari karyawan PT.Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau.
            Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan rumus Slovin karena menurut Husein Umar (2008:65) untuk menentukan jumlah minimal sampel yang dibutuhkan apabila ukuran populasi sudah diketahui, dapat digunakan rumus Slovin dengan tingkat kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel yang dapat ditoleransi sebesar 10%.
Adapun rumus Slovin tersebut sebagai berikut:



Dimana:    
            Dengan menggunakan rumus tersebut, dengan populasi sebesar 224 orang dan beda 0.1, maka dihasilkan besar sampel yang digunakan peneliti adalah 69,14 dibulatkan 70 orang. Adapun data dari peneliti bertujuan sebagai kualitatif, jadi pemakaian rumus slovin dalam pengambilan sampel tidak masalah dalam penelitian dari skripsi tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar / Telaah Jurnal Ilmiah

Gerak Semu Matahari

HASIL TEMUAN DARI PETA YANG DIANALISIS DARI BUKU PERATURAN KEPALA BPS NO 37 TAHUN 2010 TENTANG KLASIFIKASI PERKOTAAN DAN PEDESAAN BUKU SUMATERA CETAKAN II