Komentar / Telaah Jurnal Ilmiah



Komentar/Telaah Jurnal Ilmiah


  •  Pendahuluan

Pengambilan Jurnal ilmiah ini diambil dari database yaitu Google dengan kata kunci saya menuliskan kata-kata dalam kotak pencarian yaitu “jurnal perubahan iklim pdf”. Jumlah Literatur yang saya dapat kan  tentang perubahan iklim global ini sebanyak 22 literatur. Pencarian literatur ditujukan pada literatur yang mengandung unsur tentang iklim dan cuaca yang berkaitan dengan mata kuliah klimatologi regional Indonesia. Penelitian menyatakan masalah yang ada, relevan, menarik dan pembaca dapat menarik ilmu tentang klimatologi pada jurnal ini. Jurnal penelitian ini ditunjukkan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan iklim global, sehingga dapat menanggulangi permasalahan iklim global pada era global warming seperti abad 21 ini, dan menjaga bumi pada masa kedepannya karena akibat yang ditimbulkan oleh global warming. Penelitian ini sangat berguna bagi kehidupan di bumi, khususnya kepada manusia. Karena dengan aktiviitas manusia menimbulkan polusi, gas-gas berbahaya dan sebagainya seperti gas karbon yang dapat merusak lapisan ozon sehingga menimbulkan pemanasan global dengan menipisnya ozon. Adapun ozon tersebut sangat bermanfaat bagi bumi dan mahkluk hidup di bumi, yaitu ozon dapat melindungi bumi dari radiasi matahari beserta benda-benda langit lainnya yang menghampiri bumi.

  • Deskripsi Artikel / Jurnal

Judul artikel yang pertama yang saya telaah yaitu “PERUBAHAN IKLIM GLOBAL (Penyebab dan Dampaknya terhadap Lingkungan Hidup)”. Penulis pada artikel ini yaitu A. Sutowo Latief Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang.

  •  Gaya dan Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan pada artikel ini sudah tersusun dengan baik dan jelas mulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (Konteks, tujuan penelitian, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan dan kata kunci ) yang sudah sesuai dengan standart penulisan sebuah penelitian.
Tata bahasa yang digunakan dalam penulisan jurnal ini cukup mudah dipahami sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan dan apa hasil yang diperoleh. Pembaca dapat melihat tujuan sebenarnya penelitian dan mendapat informasi baru untuk berguna di kehidupan sehari – hari yang berhubungan erat dengan masalah perilaku seks pra nikah.

  •  Penulis

Penulis dari junal adalah yaitu A. Sutowo Latief Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang. Menurut penelaah, dengan melihat latar belakang departemen penulis berasal,     penulis tersebut mempunyai kualifikasi yang cukup di bidang yang mereka teliti.

  •  Judul Penelitian

Judul penelitian yaitu “PERUBAHAN IKLIM GLOBAL (Penyebab dan Dampaknya terhadap Lingkungan Hidup)”. Judul penelitian ini cukup jelas, akurat, dan tidak ambigu, dan menggambarkan apa yang akan diteliti sehingga pembaca mengerti dan memahami sekilas tentang apa yang akan mereka baca.

  • Abstrak

Jurnal ini mencantumkan abstrak agar pembaca dapat mengetahui sekilas dari isi penelitian ataupun artikel yang ditulis oleh penulis tersebut. Dimana dalam abstrak dicantumkan sekilas data-data yang didapat selama penelitian dengan ditambahi sedikit latar belakang dari penelitian tersebut dengan menggunakan bahasa inggris. Karena dalam bahasa inggris abstrak ini belum bisa dipahami apabila belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia, hal ini berlaku bagi masyarakat yang belum memahami bahasa asing.
·         Masalah dan Tujuan Penelitian
Pada bagian masalah dan tujuan penelitian penulis tidak mencantumkan masalah dan tujuan penelitian tersebut. Sehingga penelaah tidak bisa mencari telaahan dari jurnal penelitian tersebut. Namun secara tersirat penelaah bisa menemukan tujuan penelitian yaitu antara lain:

  • Tujuan Umum Mengetahui dampak dari pemanasan global. Dan mengetahui apa faktor yang menyebabkan global warming tersebut secara rinci.

  • Tujuan Khusus : mengetahui secara rinci tentang sebab terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim pada saat ini. Dan dapat mengetahui bagaimana solusi yang dapat diterapkan pada aktivitas manusia untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim global.

  •  Literatur / Tinjauan Pustaka

Penyusunan Literatur pada kedua artikel ini terorganisir dengan logis. Penulisan jurnal menggunakan analitis kritis berdasarkan literatur yang ada dengan membandingkan temuan pada penelitian sebelumnya dengan hasil yang didapatkan oleh penulis. Sehingga dapat dilihat apakah ada pembaharuan dari penelitian yang terdahulu dengan penelitian yang dilakukan sekarang ini, dimana penelitian terbaru akan memberikan informasi yang lebih baru dan yang mana akan sangat bermanfaat bagi pembaca dengan pembaharuan- pembaharuan yang ada.

  • Hipotesis / Pertanyaan penelitian

Pada penelitian ini hipotesisnya secara tersirat penelaan bisa menemukan yaitu “ apakah ada hubungan permasalahan perubahan iklim global dengan aktivitas manusia?”

  •   Metode Penelitian

Desain penelitian ini menggunakan korelasi analitik yaitu suatu penelitian untuk mengetahui hubungan antara gejala yang satu dengan gejala yang lain atau variable satu dengan variable lain, dalam penelitian ini peneliti berusaha mencari hubungan antara aktivitas makhluk hidup dan dampaknya terhadap lingkungan.

  •  Pembahasan Hasil Penelitian
    ___
  • Referensi / Daftar Pustaka

Literatur yang digunakan sekitar 4 literatur menggunakan literatur terbaru yang berasal dari referensi internet dan buku yang telah diterbitkan sebelulmnya. Dimana informasi-informasi tentang pengetahuan terbaru tersebut dapat di akui keakuratannya. Dan memperkuat teori dengan penelitian yang dilakukan. Dan 3 literatur lainnya merupakan literatur yang agak lama yaitu sekitar tahun 1979, 1991, dan tahun 1997.

  • Kesimpulan dan Saran
    ____ 
  •   Penutup

Pada penutup ini terdapat kesinpulan yang bisa ditelaah, sehingga dapat ditentukan suatu sebab akibat dari judul penelitian. Pada penutup disebutkan, Perubahan iklim akibat pemanasan global berdampak terhadap meningkatnya suhu muka bumi, kenaikan permukaan air laut, presipitasi dan badai yang mengakibatkan wilayah pesisir sangat rentan. Dampak yang diakibatkan antara lain kerusakan dan kerugian secara fisik, ekologis, sosio-ekonomis dan kelembagaan, sehingga diperlukan mitigasi dan adaptasi untuk keberlanjutan kehidupan manusia di bumi yang semakin panas.

Komentar

  1. BERBISNIS AXYGO

    Persaingan bisnis memang sangat berat, tetapi bila kita menjalani bisnis kita sendiri dengan penih dengan kepercayaan akan terasa mudah.
    AxyGo adalah produk air minum demineral dengan pH8+, produk ini memiliki keuntungan dan manfaat.
    Berawal dari kita yang bercerita atau memberitahu kepada masyarakat bahwa produk AxyGo memiliki kualitas yang lebih baik. Dengan pH8+ dan TDS <5 ppm itu menunjukan bahwa produk AxyGo sudah benar-benar layak untuk kita konsumsi.

    Persaingan produk air minum memang banyak tetapi berbeda dengan produk AxyGo ini. Produk AxyGo ini memiliki pemasaran sistem. Dimana pemasaran sistem ini berperan penting di produk axygo. Manfaat dalam sistem sangat banyak, berbeda dengan berbisnis tidak menggunakan sistem hanya menjual dan mendapatkan keuntungan.

    Kita berbisnis dengan menggunakan sistem akan mendapatkan 2 keuntungan di dalam Produk AxyGo. Keuntungan penjualan dan keuntungan belanja pribadi. Di setiap produk AxyGo Galon, Gelas, Botol, akan mendapatkan cashback setiap kali kita belanja pribadi.

    Ada tiga 3 jenis member AxyGo yang berhak mendapatkan cashback dari sistem pemasaran yaitu :
    1. Agen
    2. Outlet
    3. User
    Disetiap member tersebut berperan berbeda-beda. Agen akan mendistribusikan kepada Outlet dan ketika Outlet belanja ke agen Otlet akan mendapatkan cashback belanja pribadi. Outlet akan menjual produk AxyGo kepada User (Konsumen) seorang Outlet menjual kepada User juga akan mendapatkan cashback. User (konsumen) juga mendapatkan cashback setiap belanja ke Outlet dan User belanja untuk konsumsi sendiri.

    Perkembangan Agen, Outlet, User sangat penting, untuk meningkatkan Bisnis kita. Setiap member memiliki ID yang berbeda, fungsi ID member untuk mereferensikan produk AxyGo kepada masyarat agar masyarakan mempunyai keinginan untuk menjadi bagian dari Member AxyGo. Disinilah titik dimana kita berkembang dan meraih kesuksesan. Dengan memperluasbjaringan member AxyGo.

    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI
    CP 082227149123 WA 0816393461 TELP.
    AGEN : IDA0107
    OUTLET : AXY001594


    Daftar Member AxyGo
    Business AxyGo
    Agen AxyGo Sokaraja
    Bisnis AxyGo
    AxyGo Maps

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. wih mantap ini artiekl jurnalnya.
    mampir bang ke Konsultan Pemetaan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerak Semu Matahari

HASIL TEMUAN DARI PETA YANG DIANALISIS DARI BUKU PERATURAN KEPALA BPS NO 37 TAHUN 2010 TENTANG KLASIFIKASI PERKOTAAN DAN PEDESAAN BUKU SUMATERA CETAKAN II