Gerak Semu Matahari

Gerak semu matahari mengatur posisi matahari di bagian garis khatulistiwa pada setiap tiga bulannya. Nah, Kenapa dikatakan gerak 'semu' Matahari? karena pada teorinya Matahari itu tidak bergerak. Posisi matahari yang terus bergeser yang hampir setiap bulan ini menyatakan bahwa Matahari itu (terlihat) bergerak (padahal tidak). Bumi lah yang be-revolusi mengelilingi Matahari. Dan juga dipengaruhi oleh kemiringan bumi (sumbu rotasi bumi yang miring). 
Gerak Semu Matahari
Menurut theori yang telah ada dimana gerak semu matahari di garis nol derjat yaitu pada pertengahan Maret dan September. Posisi matahari di ekuator disebut ekinoks, terjadi dua kali selama revolusi bumi terhadap matahari yaitu pada tanggal 21 Maret disebut ekinoks musim semi dan 23 September disebut ekinoks musim gugur untuk belahan bumi utara.

Gerak semu matahari dibatasi oleh garis lintang 23,50LU disebut garis balik utara (tropic of Cancer) dan lintang 23,5 (tropic of Capricon). Pergeseran posisi matahari ke arah belahan bumi utara (22 Desember - 21 Juni) dan pergeseran posisi matahari dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan (21 Juni – 21 Desember) disebut gerak semu harian matahari. 0LS disebut garis balik selatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar / Telaah Jurnal Ilmiah

HASIL TEMUAN DARI PETA YANG DIANALISIS DARI BUKU PERATURAN KEPALA BPS NO 37 TAHUN 2010 TENTANG KLASIFIKASI PERKOTAAN DAN PEDESAAN BUKU SUMATERA CETAKAN II